Sabtu, 29 Agustus 2009

Panduan Membuat Blog

1. Apa itu Blog ?

Blog ( singkatan dari Web log) adalah situs yang sifatnya lebih pribadi, yaitu lebih berat kepada penggambaran dari si pembuat blog itu sendiri.

Blog dibuat oleh para desainer penyedia blog agar bekerja secara otomatis dan mudah untuk dioperasikan , jadi bagi kita-kita yang masih bingung dengan bahasa pemrograman untuk membuat sebuah website tidak jadi persoalan. Apabila anda sudah bisa membuat sebuah account email di internet, maka dalam membuat blog pun saya yakin anda bisa.

Setelah Anda memiliki email, selanjutnya gunakanlah email tersebut untuk membuat sebuah blog. Untuk membuat blog, Anda harus melalui tiga tahapan, yakni tahapan menciptakan akun blogger (Akun Email Google / Gmail bisa digunakan untuk login ke blogger), membuat nama blog, dan memilih template blog, Berikut Langkah selengkapnya.
  1. Masuklah terlebih dahulu ke www.blogspot.com / www.blogger.com.
  2. Pada halaman situs tersebut, pilihlah opsi Ciptakan Blog Anda.


  1. Pada tahapan yang pertama ini, masukkan alamat email. Masukkaan pula kata sandi, lalu, ketikkan nama tampilan blog yang Anda inginkan dalam kotak teks Nama Tampilan.
  2. Masih di halaman yang sama, lakukan veriikasi dengan mengetikkan huruf yang Anda lihat. Aktifkan pula opsi Sayamenerima Persyaratan dan Layanan.
  3. Jika sudah, klik tombol Lanjutkan.
  4. Setelah itu, Anda akan masuk ke tahapan yang kedua. Pada tahapan ini, masukkan judul blog serta alamat URL yang Anda inginkan untuk blog tersebut. Kemudian, klik opsi Cek Ketersediaan untuk melihat ketersediaan alamat URL yang Anda masukkan tersebut. Bila alamat tersebut tersedia, Anda bisa menggunakannya. Sebaliknya bila alamat tersebut tidak tersedia, Anda harus mengetikkan nama lainnya.
  5. Sesudah itu, klik tombol Lanjutkan.
  6. Berikutnya, kita akan masuk ke tahapan ketiga. Pada tahapan ini, Anda akan mendapati beberapa pilihan template blog. Pilihlah salah satu template yang ingin Anda gunakan.
  7. Klik tombol Lanjutkan.
  8. Setelah melalui ketiga tahapan tersebut, sebuah blog telah berhasil diciptakan. Selanjutnya, Anda bisa memulai proses mengisi blog dengan memilih opsi Mulai Blogging

1 komentar:

Jamil on 30 Agustus 2009 pukul 13.57 mengatakan...

agar bisa buat link di kanan seperti punya njenengan gmana?